Anda sedang berada pada situs Lowongan Kerja BUMN Terbaru dengan url : http://www.infolowonganbaru.com, Silakan informasikan lowongan kerja terbaru ini ke Teman/Kerabat atau mempublikasikan Lowongan Kerja Terbaru BUMN Dan CPNS , namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya : http://www.infolowonganbaru.com, Lihat juga Lowongan Kerja BUMN Terbaru dan Lowongan Kerja Bank Terbaru dan Penerimaan CPNS

Yang Perlu Kamu Ketahui Mengenai Tes CAT CPNS 2017

Advertisements
Yang Perlu Kamu Ketahui Mengenai Tes CAT CPNS 2017 - Seperti yang kamu ketahui jika saat ini pemerintah telah membuka berbagai lowongan penerimaan cpns yang saat ini telah di buka dan telah di selenggarakan oleh masing-masing departemen yang ada di seluruh indonesia.

Yang Perlu Kamu Ketahui Mengenai Tes CAT CPNS 2017


Untuk kamu yang berhasil lolos ferifikasi berkas maka untuk tahap selanjutnya kamu diwajibkan untuk mengikuti tes CAT CPNS yaitu Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Seleksi Kompetensi Bidang (CAT), Seleksi Kompetensi Bidang Praktek komputer, dan Seleksi Kompetensi Bidang Melalui Wawancara

Untuk kamu yang ingin berhasil dan ingin lolos tes cpns, maka kamu sangat perlu untuk mempelajari berbagai tes CAT CPNS 2017 dan melakukan persiapan secara matang agar kamu dapat lolos dengan baik pada setiap tes yang akan kamu lakukan.

Sebelum kita ke contoh soal CAT CPNS 2017 maka kamu wajib mengetahui terlebih dahulu serba serbi mengenai contoh soal CAT CPNS

Pemerintah dalam peraturan barunya sudah menerapkan sistem Computer Assisted Test (CAT) dalam seleksi peneriman CPNS. Dengan adanya sistem ini, tentunya seleksi CPNS akan lebih praktis dan efisien dikarenakan didukung oleh teknologi informasi. Sehingga para peserta/pelamar bisa dipantau secara langsung melewati server. Berikut ini admin uraikan tentang arti tes CAT CPNS berikut dengan cara penilaiannya.


Tidak Perlu Lagi Cetak Nomor Ujian Kemenkumham Kamu Cukup Cek Nama Kamu Di Sini

Sistem Computer Assisted Test atau yang dikenal dengan CAT adalah sebuah metode seleksi dengan menggunakan alat bantu berupa komputer yang dipakai untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi peserta CPNS. Standar kompetensi dasar CPNS ini diperlukan untuk bisa mewujudkan profesionalisme PNS. Dan simstem CAt ini dipercaya mampu menjamin standar kompetensi dasar tersebut dalam Tes Kompetensi Dasar (TKD).

Pelaksanaan tes ujian CPNS bakal diadakan secara regional. Faktor ini dilakukan sebab keterbatasan dalam sistem CAT itu sendiri. Sedangkan untuk ujian CPNS pusat bakal dibagi dari tiap kementerian maupun lembaga negara yang mengadakan seleksi penerimaan CPNS di lembaganya maupun di kementriannya.

Adapun Soal-soal TKD CAT CPNS 2017 dibuat/disusun oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan 3 bidang pengujian, yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Dan waktu pengerjaan soalnya adalah 90 menit.

Sedangkan kisi-kisi materi Tes Kompetensi Bidang (TKB), disusun dan ditetapkan masing- masing instansi pembina jabatan fungsional.

Apa Saja yang Akan Diuji dalam Tes CAT CPNS 


Berdasarkan Peraturan Menteri PAN-RB No.35/2013, bahwa kisi-kisi soal CPNS yang diterapkan dalam sistem CAT mempunyai komposisi sebagai berikut :

A. Tes 1 terdiri dari 35 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan materi:


  • Aspek integritas
  • Aspek kejujuran
  • Aspek tanggungjawab
  • Aspek kepandaian beradaptasi.
  • Aspek pengendalian diri
  • Aspek semangat berprestasi
  • Aspek inisiatif
  • Aspek kreatifitas kerja
  • Aspek ketekunan
  • Aspek apresiasi kepada orang lain
  • Aspek ketegasan
  • Aspek Sudut kepercayaan diri
  • Aspek Sudut toleransi
  •  Aspek Sudut kepedulian lingkungan
  •  Aspek Sudut efisiensi cara kerja



B. Tes 2 terdiri dari 35 soal Tes Inteligensia Umum (TIU) dengan materi:

Kemampuan verbal yakni kemampuan dalam memberi tau informasi secara lisan maupun tertulis;

  • Sinonim
  • Antonim
  • Padanan Kata


60 Kementrian Membuka Penerimaan CPNS, Yuk Di Simak

Kemampuan numerik yakni kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan memandang hubungan di antara angka-angka;
    a.  Aljabar
    b.  Aritmetika

Kemampuan berpikir logis yakni kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis; dan
    a.  Deret
    b.  Silogisme

Kemampuan berpikir analitis yakni kemampuan mengurai sebuah persoalan secara sistematis.
    a.  Analitik
    b.  Spasial

C. Tes 3 terdiri dari 30 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), terdiri dari:

        Pancasila;
        Undang Undang Dasar 1945;
        Bhineka Tunggal Ika; dan
        Negara Kesatuan Republik Indonesia:

    a. Sistem tata negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,
    b. Sejarah perjuangan bangsa,
    c. Peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan
    d. Kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.


Sistem Penilaian Tes CAT CPNS 2017

Kelulusan peserta ujian CPNS didasarkan pada kualitas passing grade, dan apabila jumlah yang memenuhi kualitas ambang batas kelulusan melebihi jumlah formasi jabatan yang telah ditetapkan, maka penetapan selanjutnya berdasarkan rangking kualitas paling atas berurutan kualitas berikutnya hingga dengan jumlah formasi yang telah ditetapkan.

Tips Lulus Murni CPNS 2017

Untuk kamu yang ingin lulus tes CAT CPNS maka ada baiknya untuk kamu mempelajari semua contoh soal CAT CPNS yang ada.

Selain mempelajari semua contoh soal CAT CPNS kamu juga harus selalu berdoa kepada Tuhan agar memberikan jalan yang terbaik kepada kita.



Ingin berlangganan info lowongan kerja kementrian, pns, bumn dan swasta langsung ke email kamu. Yuk langsung subscribe dengan memasukkan alamat email kamu ke form di bawah ini.

Anda sedang berada pada situs Lowongan Kerja BUMN Terbaru dengan url : http://www.infolowonganbaru.com, Silakan informasikan lowongan kerja terbaru ini ke Teman/Kerabat atau mempublikasikan Lowongan Kerja Terbaru BUMN Dan CPNS , namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya : http://www.infolowonganbaru.com, Lihat juga Lowongan Kerja BUMN Terbaru dan Lowongan Kerja Bank Terbaru dan Penerimaan CPNS